jump to navigation

Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) SD 7 Mei 2013

Posted by Rocky Winata in Bengkayang, Pendidikan.
Tags: , , ,
trackback

PTK
PTK SD atau Penelitian Tindakan Kelas Sekolah Dasar merupakan penelitian terpakai (applied research) yang dilakukan para guru SD untuk memberikan nilai tambah dan masukan dengan tujuan perbaikan mutu dan kualitas pendidikan Sekolah Dasar.PTK SD sebenarnya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari tugas dan kewajiban seorang guru SD. Selain itu, PTK SD secara global dapat memberikan solusi terhadap permasalahan bangsa, terutama merosotnya mutu pendidikan nasional.

Melalui PTK SD dapat diketahui kelemahan dan kekurangan berbagai dimensi pendidikan dan pembelajaran. Selain itu bisa ditemukan solusi dan alternatif atas kekurangan dari proses yang sedang dilakukan oleh pihak yang dijadikan objek penelitian, dalam hal ini siswa SD. tentu saja

temuan tersebut harus ditindaklanjuti oleh pihak-pihak yang melakukan tugas dan profesi masing-masing.

Berikut ini adalah contoh PTK SD :

Pada mata pelajaran IPS, target dari guru mata pelajaran IPS adalah seluruh siswa kelas IV dapat menguasai peta buta pulau Jawa dan Sumatera.

Setelah 2x pertemuan, guru akan melakukan tes secara random dengan cara menyuruh beberapa siswa maju kedepan untuk menunjukkan daerah/wilayah di dalam peta buta. Ternyata dari 10 orang siswa yang maju ke depan, hanya 3 siswa yang dapat menjawab dengan benar. Selebihnya tidak bisa. Kemudian guru membagikan lembar soal yang berhubungan dengan peta buta ke seluruh siswa. Setelah 10 menit waktu yang diberikan untuk mengerjakan 5 soal, lembar soal dan jawaban dikumpulkan, hasilnya lebih dari separuh jumlah siswa menjawab salah. Sehingga bisa disimpulkan bahwa sebagian besar siswa belum menguasai peta buta setelah 2x pertemuan.

Yang harus dilakukan guru adalah mencoba mengevaluasi cara mengajar dan mencari sumber masalah mengapa para siswa kesulitan menguasai peta buta. Pada pertemuan berikutnya, guru akan mengulang tema peta buta dengan menggunakan metode mengajar yang berbeda dengan metode yang digunakan sebelumnya. Setelah itu, dilakukan cara yang sama seperti sebelumnya dengan soal

yang berbeda untuk mengetahui kemampuan siswa. Apabila target telah dipenuhi (semua siswa dalam kelas) telah menguasai materi peta buta, maka bisa dilanjutkan dengan materi yang lain. Namun bila ternyata target masih belum dipenuhi, maka guru akan terus mengulang materi tersebut dengan menggunakan metode pengajaran yang lain.

Langkah terakhir dari PTK SD ini adalah penarikan sebuah kesimpulan atas metode pengajaran yang harus digunakan supaya siswa dalam kelas menguasai materi yang diajarkan. Kesimpulan ini yang akan dijadikan sebagai bahan rekomendasi kepada sekolah mengenai metode pengajaran atas mata pelajaran tertentu. Contoh yang sudah jadi ambil disini Contoh PTK SD

Baca juga :
Contoh PTK TK dan PAUD
Contoh PTK SMA
Contoh PTK SMP

Semoga dengan apa yang Rocky Winata bagikan ini, mudah-mudahan dapat mempermudah bapak dan ibu guru dalam menyusun PTK-nya.

I-Luv-Indonesia

 

Komentar»

1. Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) SD | mahmurpratama - 22 September 2013

[…] Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) SD. […]

2. Lintas Fakta - 10 Oktober 2013

contoh PTK buat SLB dong

yakub - 3 November 2013

semangat terus guru indonesia

3. contoh ptk - 31 Januari 2014

Setelah membuka halaman kumpulan unduhan, ternyata cukup melimpah yang disediakan + lengkap sampai bab akhir. Terimakasih Pak.

4. darlisdiwek - 15 April 2014

lebih kreatif dan sukses selalu…

5. of swte - 24 April 2014

lebih kreatif dan semakin sukses

6. Rahmat magu - 28 April 2014

contoh PTK yang lengkap dong………….

Rocky Winata - 28 April 2014

Maksut ny lngkap yg gmna

7. Bunda Ikal - 21 Oktober 2016

minta contoh PTK yg kumplit donk dr awal,mslh smpe akhir.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: